Potensi Perikanan Keramba Aceh Tengah Diteliti

Badan Riset Kelautan dan Perikanan saat ini sedang melakukan penelitian potensi perikanan keramba diDanau Lut Tawar, Aceh Tengah. Dengan demikian, akan segera diketahui kapasitas keramba yang bisa dikembangkan di danau tersebut. Penelitian itu dilakukan berdasarkan surat yang diajukan oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Aceh kepada Badan Riset Kelautan dan Perikanan. “Ini penting dilakukan untuk menjaga ekosistem Danau Laut Tawar. Budidaya ikan keramba bagus dilakukan tapi harus diperkirakan daya tampungnya,” kata Razali, Sabtu (26/6).

Dia menjelaskan, tujuan penelitian adalah untuk melihat kapasitas keramba yang bisa dikembangkan di Danau Laut Lawar, sehingga ekosistemnya akan terus terjaga untuk kelanjutan perekonomian masyarakat sekitar danau. Budidaya ikan mujair dengan keramba yang dilakukan di dataran tinggi gayo itu merupakan salah satu upaya peningkatkan produktivitas usaha tani dan upaya mensejahterakan masyarakat setempat. “Kita mendukung keberadaan keramba sebagai upaya meningkatkan produktivitas ikan untuk memenuhi kebutuhan konsumsi masyarakat yang jauh dari laut tersebut,” jelasnya.

Upaya pendataan terhadap daya tampung usaha tersebut juga penting dilakukan untuk keberlangsungan ikan depik yang merupakan ikan khas Danau Laut Tawar. Jika tidak dilakukan penelitian, Danau Laut Tawar yang juga menjadi objek wisata akan tercemar karena banyaknya penggunaan pestisida dan pakan ternak para petani nelayan. Keberadaan keramba dalam jumlah besar memiliki banyak kelemahan, salah satunya air danau kotor karena sisa pakan jatuh ke dasar danau yang lambat laun akan mengendap, tidak akan mungkin terurai biota laut dan berdampak pada kualitasair. “Kita tidak ingin hal tersebut menjadi persoalan di Danau Laut Tawar, apalagi wilayah sekeliling danau dikembangkan sebagai wisata andalan di Aceh Tengah,” katanya.(ant)

Sumber: Serambi Indonesia

Perihal bangzabar
InDah-nya Berbagi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: