SPESIES IKAN DIPERDAGANGKAN

60 Spesies Karang Diperdagangkan Ambon. Kementerian Kelautan dan Perikanan mengungkapkan saat ini sebanyak 60 spesies karang dari 500 karang yang hidup di perairan Indonesia diperdagangkan. Sekretaris eksekutif Coremap II Ditjen Kelautan, Pesisir dan Pulau-PUlau Kecil Kementerian Kelautan, Jamaluddin Jompa di Ambon, Maluku Rabu mengatakan, pemanfaatan karang untuk kepentingan ekonomi sebenarnya tidak dilarang, asalkan mematuhi aturan yang ditetapkan.

Kalau tidak dimanfaatkan, tambahnya di sela International Symposiuon on Small Islands andd Corral Reefs dalam rangkaian Sail Banda 2010, setiap tahun 5 persen karang yang tumbuh dalam terumbu karang akan mati, sedangkan pertumbuhan setiap tahun 6 persen. Saat ini ancaman kerusakan terumbu karang masih sangat besar misalnya mengebom, mencongkel dan meracuni.

Sementera itu, Wakil Rektor Universitas Pattimura Ambon Prof Dr. R Oszaer MS mengatakan, degradasi melanda pulau-pulau kecil yang pada gilirannya dapat meningkatkan angka kemiskinan. “Padahal saat ini tingkat kemiskinan di Maluku mencapai 27 persen, yang mana banyak tinggal pulau-pulau kecil,” katanya.

Sumber: Mukhtar, A.Pi. M.Si

Perihal bangzabar
InDah-nya Berbagi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: